Otot Kembali Menyusut Setelah Latihan, Apakah Wajar?

otot menyusut setelah latihan

otot menyusut setelah latihan

Kamu pasti pernah merasakan otot kembali menyusut selang beberapa jam selesai latihan. Apakah otot kembali mengecil setelah latihan itu normal? Ada yang mengatakan normal, tapi ada juga yang mengatakan sebaliknya. Tergantung pada kasusnya, baik performa latihan maupun kecukupan nutrisi.

Otot menyusut setelah latihan

Saat sedang latihan fitnes, otot yang kita latih akan mendapatkan pump dikarenakan adanya tensi yang terjadi secara konstan. Pada saat otot tegang dan mengalami kontraksi, otot akan dipenuhi oleh darah. Inilah yang kita namakan dengan pump.  Pump menjadikan otot yang dilatih terlihat sangat tebal dan berisi.

Pump yang dihasilkan oleh darah didalam otot biasanya terjadi setelah kamu melakukan beberapa set, yang menghasilkan sensasi panas “terbakar” yang disebut lactic acid. Lactic acid dibentuk ketika oksigen kosong, dan lactic acid ini tidak ada manfaat apapun dalam pembentukan otot.

Dengan mendapatkan pump, belum tentu menandakan otot pasti akan tumbuh. Melakukan 100 repetisi dengan beban ringan pastinya bisa menghasilkan pump. Namun apakah hal ini membuat otot semakin besar? tentu tidak! Pump hanya berlangsung beberapa saat dan hilang setelah 30 sampai 60 menit usai latihan. Hal inilah yang membuat kamu merasa otot kembali menyusut setelah latihan. Sebenarnya otot tidak menyusut, yang menyusut adalah aliran darah pada otot.

Apabila selama ini kamu merasa otot kembali mengecil setelah latihan, sepertinya beban mu terlalu ringan. Yang kamu dapat hanyalah pump, bukan pertumbuhan otot. Supaya latihan mu tidak sekedar berbuah pump yang sia-sia,  mulai sekarang cobalah mengangkat beban yang lebih berat, dengan repetisi yang dianjurkan untuk menghasilkan pertumbuhan otot, yaitu sebanyak 6-10 repetisi.

Sekarang ketika kamu mengangkat beban yang berat dan berhasil mendapatkan pump, ini adalah indikasi yang cukup baik yang menandakan kamu membuat serat otot bekerja sepenuhnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan:

Ada beberapa hal yang perlu kami perhatikan berhubungan dengan penyusutan otot. Otot menyusut setelah latihan tidak semata-mata hanya karena pump, bisa saja terjadi karena faktor lain. Diantaranya:

Over Training, over training adalah keadaan dimana otot-otot kamu tidak diberikan waktu yang cukup untuk beristirahat dan bertumbuh. Ketika kamu latihan fitnes begitu keras dan terlalu sering, maka proses hipertrofi tidak dapat berlangsung. Beristirahatlah beberapa hari di sela latihan intens mu untuk memeberikan waktu bagi tubuh guna melakukan recovery dan menghindari over training.

Kurang Nutrisi, kamu tidak dapat membangun otot tanpa nutrisi yang cukup. Untuk membangun otot, kamu membutuhkan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral serta surplus kalori diatas kebutuhan kalori harian. Ketika kamu latihan tapi tidak di imbangi nutrisi yang cukup sebagai bahan bakarnya, kamu harus terima kenyataan bahwa otot akan segera menyusut.

Terlalu Banyak Cardio, cardio cukup baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Tetapi cardio yang begitu lama dapat menghasilkan efek negatif pada kemampuan tubuh untuk membentuk otot, bahkan dapat menyebabkan otot mengecil.

Terakhir, kamu harus melatih masing-masing bagian otot minimal 2 kali seminggu apabila ingin melihat pertumbuhan yang signifikan. Karena otot akan kembali menyusut dalam 3 sampai 4 hari apabila tidak dilatih.

Kabar gembira! Kami berhasil menciptakan kalkulator fitness luar biasa yang khusus hari ini dapat anda coba secara gratis! Penasaran? Silahkan klik link berikut Kalkulator Kebutuhan Kalori Harian dan Kalkulator Kebutuhan Protein Harian

Itu dia beberapa penyebab kenapa otot kamu kembali menyusut setelah latihan. Apabila kamu menghargai tulisan ini, silahkan share ke social media 😀

 

Otot Kembali Menyusut Setelah Latihan, Apakah Wajar? | Ronnie Coleman | 4.5