Fitness Bagusnya Berapa Kali Seminggu? Loh Kok Beda Beda?

fitnes sebaiknya berapa kali seminggu

fitnes sebaiknya berapa kali seminggu

Sesering apa kamu harus pergi ke gym? Berapa kali dalam seminggu? Berapa jam perhari? Pertanyaan semacam ini telah menjadi perdebatan selama bertahun tahun dan sepertinya tidak akan berakhir sampai kapanpun. Bagaimanapun, hanya karna para ahli belum menemukan jawaban pastinya, bukan berarti tidak ada cara pintar untuk menentukan berapa kali sebaiknya latihan fitness dalam seminggu.

Fitness Bagusnya Berapa Kali Seminggu?

Kamu pastinya punya teman ngegym yang latihan 4-5 kali dalam seminggu dan hasil yang ia peroleh biasa-biasa saja. Ada pula teman ngegym kamu yang latihan hanya 2 kali seminggu namun badannya benar-benar kering dan berotot. So, berapa angka pastinya?

Well, tidak ada angka pastinya. Fitness hanya salah satu faktor dari dunia bodybuilding. Faktor penting lainnya adalah istirahat, makan teratur, dan memberikan waktu bagi tubuhmu untuk melakukan recovery sesuai yang ia butuhkan.

Jadwal Fitness Terbaik Untuk Pemula

Jika kamu mau tahu berapa kali sebaiknya kamu fitness dalam seminggu, ada satu rekomendasi yang kami sarankan. Sesuaikan jadwal latihan dengan kehidupan dan aktifitas mu sehari hari.

Sebagai contoh, apabila kamu memiliki tekad dan semangat yang kuat serta banyak waktu luang mungkin kamu bisa latihan fitness 6-7 kali dalam 1 minggu. Pikirkan apakah angka tersebut bisa kamu realisasikan. Apabila terlihat berat, kamu bisa turunkan menjadi 4-5 kali seminggu. Silahkan tanyakan pada diri kamu, seberapa banyak kamu sanggup?

Apabila kamu memiliki pekerjaan yang padat, punya keluarga dan 3 anak,  tugas kuliah yang tidak ada henti-hentinya, maka kamu harus sesuaikan itu semua dengan jadwal latihan kamu. Jangan sampai fitness menggangu kuliah kamu apalagi karir kamu. Apabila kehidupan sehari-hari kamu padat seperti ini, mungkin kamu hanya bisa latihan 3 kali seminggu. Ini sama sekali tidak masalah, 2 kali dalam seminggu sekalipun lebih baik dari pada tidak latihan sama sekali.

Banyaknya Latihan Sesuai Tujuan Fitness

Tidak semua orang melakukan fitness untuk membesarkan otot, ada orang latihan dengan tujuan menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan, ada pula yang sekedar menjaga bentuk tubuh untuk tetap ideal. Masing-masing tujuan ini membutuhkan intensitas latihan yang berbeda-beda.

  • Berapa kali sebaiknya fitness untuk menurunkan berat badan dan cutting dalam seminggu? Fokuslah 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Membakar lemak membutuhkan latihan yang cukup menguras tenaga karna membakar energi cukup banyak. Kamu sebaiknya istirahat 1 hari di sela-sela hari latihan kamu.
  • Berapa kali sebaiknya fitness untuk membentuk dan membesarkan otot dalam seminggu? Lakukanlah latihan 4-5 kali dalam seminggu. Otot membutuhkan latihan yang intens untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Berapa kali sebaiknya fitness untuk meningkatkan kekuatan dalam seminggu? Ingatlah untuk fokus pada 3 gerakan. Squat, deadlift, dan benchpress. 3-4 kali seminggu melakukan latihan compund movement cukup untuk meningkatkan kekuatan dan berpengaruh pada kekuatan angkatan beban kamu nantinya.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan

Ingat, pertanyaanmu sebenarnya bukan tentang berapa kali harus latihan dalam seminggu. Kami tahu yang kamu butuhkan sebenarnya adalah hasil. Karena latihan bukan satu-satunya cara untuk membentuk otot, ada faktor lain yang  juga perlu kamu perhatikan untuk mencapai hasil yang kamu inginkan.

  • Merokok & Minuman Keras, Dua hal ini dapat menggangu pencapaian kamu dalam dunia fitness. Menurut Scott Swartzwelder,Ph.D., merokok membawa karbon monoksida kedalam sistem ditubuhmu, yang mana dapat membatasi kemampuan otot untuk tumbuh. Dan juga minuman keras ketika dikonsumsi dengan karbohidrat dapat menaikkan berat badanmu secara instan. Hal ini akan membuat program fitness yang kamu jalankan menjadi percuma.
  • Tidur, menurut sleep foundation, tidak ada angka pasti berapa jam sebaiknya kita tidur. Namun sebagian orang membutuhkan waktu tidur  7 jam untuk mengistirahatkan badannya guna mencapai kesehatan dan pemulihan yang maksimal.
  • Makanan yang sehat, lakukanlah riset di internet atau tanyakan doktermu mengenai makanan sehat seperti apa yang badan kamu butuhkan. Perbanyak protein, kurangi karbohidrat, langkapi sayuran dan buah-buahan, dan hindari makanan berlemak sudah cukup baik untuk mempercepat pencapaian kamu.
Kabar gembira! Kami berhasil menciptakan kalkulator fitness luar biasa yang khusus hari ini dapat anda coba secara gratis! Penasaran? Silahkan klik link berikut Kalkulator Kebutuhan Kalori Harian dan Kalkulator Kebutuhan Protein Harian

Sekian dulu artikel kali ini, apabila kamu menyukai artikel ini jangan lupa share ke social media supaya teman-teman kamu yang lainnya bisa ikut terbantu!

Fitness Bagusnya Berapa Kali Seminggu? Loh Kok Beda Beda? | Ronnie Coleman | 4.5