Ini Dia Cara Membentuk Otot Sayap Yang Tebal & Lebar Seperti Huruf “V”

cara membentuk otot sayap

cara membentuk otot sayap

Cara membentuk otot sayap – Siapa sih yang tidak ingin punya otot sayap yang lebar dan berbentuk? Pasti seluruh pembaca blog ini menginginkannya. Namun sebagian orang kerap kali tidak melatih otot bagian sayap mereka dikarenakan berbagai hal. Orang-orang yang kami temui ini mengaku otot sayap tidak begitu penting karna masih kalah penting dibanding otot dada dan bahu.

Mereka memilih melatih otot sayap belakangan ketika otot dada atau bahu sudah jadi. Kami tidak sepenuhnya menyalahkan orang-orang yang memilih pilihan seperti ini, namun dalam teorinya jauh lebih baik apabila masing-masing otot dibangun bersamaan.

Selain memperbaik koordinasi otot, badan menjadi terlihat tebal dan lebar apabila setiap otot dilatih dengan porsinya masing-masing. Apabila kamu hanya melatih otot dada dan bahu, dapat dipastikan badan kamu hanya tebal kedepan. Sedangkan bagian punggung kamu rata ibarat tembok karna bagian traps dan lats kamu luput dari pembangunan otot. Kamu mau punya punggung yang rata? Om Ronnie sih nggak. Memiliki otot sayap menjadi kebanggaan bagi setiap orang yang mempunyainya. Baju bagian samping yang mengetat serta punggung yang berjenjang menjadikan badan kamu tampak keren jika dilihat dari belakang. Otot punggung atau sayap memiliki peranan penting sebagai suporter ketika kamu melatih otot lain seperti bahu maupun dada. Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah skip melatih otot sayap kamu karna dengan cara ini kamu dapat meningkatkan performa latihan untuk otot-otot kamu yang lain.

Sekarang mari om Ronnie ajarkan program latihan cara membentuk otot sayap favorit om Ronnie Coleman yang dapat kamu coba di tempat fitness kamu nanti.

  • V-Bar pulldown, latihan cara membentuk otot sayap bagian samping. Latihan sayap pada umumnya menggunakan mesin pulldown yang sebagian club fitness memilikinya. Duduklah di mesin pulldown yang menggunakan pegangan V-bar. Jangan lupa sesuaikan bantalan lutut sehingga menahan gerakan anda seminimal mungkin. Pegang v-bar dengan kedua tangan dimana telapak tangan saling berhadapan. Busungkan dada lalu tarik v-bar kebawah hingga kira-kira berada diantara dada atas dan dagu anda, lalu kembali ke posisi semula secara perlahan. Lakukan exercise ini sebagai latihan awal kamu, lakukan sebanyak 4 set dengan masing-masing set berkisar 8-12 repetisi.
  • Close grip lat pulldown, latihan cara membentuk otot sayap yang tidak boleh dilewatkan, bahkan om ronnie lebih merekomendasikan exercise ini daripada wide grip lat pulldown biasa. Duduk di mesin pulldown dengan bar lurus, letakkan kedua tangan di bar lurus selebar bahu dengan telapak tangan masing-masing menghadap ke badan. Secara perlahan sambil mencondongkan badan sedikit kedepan (dada busung) tarik bar hingga mengenai dagu atau sejajar dengan dada atas akan lebih baik.  Ulangi secara perlahan sebnyak 3-4 set.
  • T-Bar row, cara membentuk otot punggung bagian tengah. Ambil sebuah bar lalu letakkan melintang di lantai lurus sejajar dengan badan. Muat beban sesuai kemampuan anda, lalu berdirilah diatas bar dengan kedua kaki anda terbuka selebar bahu dan bar berada di tengah-tengah diantara kedua kaki. Ambil posisi kuda-kuda dengan tubuh membungkuk kedepan, angkat bar menggunakan handle berbentuk T atau V lalu tarik hingga tangan mengenai perut bagian atas. Ulangi secara perlahan sebnyak 3-4 set.
  • Bent over row, cara membentuk otot punggung/sayap bagian tengah. Pegang barbell dengan telapak tangan menghadap kebawah. Tekuk lutut sedikit dan badan condong kedepan dengan menekuknya di pinggang. Sambil menjaga punggung tetap lurus dan menjaga siku untuk tidak terlalu jauh dengan badan angkat barbell secara perlahan hingga mengenai perut. Ulangi langkah ini secara perlahan sebanyak 8-12 repetisi dalam 4 set.
Kabar gembira! Kami berhasil menciptakan kalkulator fitness luar biasa yang khusus hari ini dapat anda coba secara gratis! Penasaran? Silahkan klik link berikut Kalkulator Kebutuhan Kalori Harian dan Kalkulator Kebutuhan Protein Harian

Om Ronnie memutuskan untuk menulis artikel ini dari pada pergi ke gym untuk melatih otot sayap demi berbagi informasi kepada pembaca tercinta.  Untuk itu mohon bantu like, comment, dan share artikel ini ke teman-teman kamu agar om Ronnie termotivasi untuk terus berbagi. Oh ya jika ada pertanyaan seputar dunia fitness silahkan tulis pada kolom komentar dibawah. Salam, lightweight baby!

Ini Dia Cara Membentuk Otot Sayap Yang Tebal & Lebar Seperti Huruf “V” | Ronnie Coleman | 4.5