Bahu Kurang Lebar? Lakukan Cara Membentuk Otot Bahu 3 Dimensi Berikut

cara membentuk otot bahu

cara membentuk otot bahu

Cara membentuk otot bahu – Banyak fitness mania berharap memiliki bahu yang lebar. Selain membuat badan menjadi terlihat lebih besar, bahu yang lebar dapat memperindah postur tubuh seseorang ketika dilihat dari berbagai sisi. Kesempurnaan otot bahu cukup mempengaruhi dalam pencapaian bahu yang lebar. Sebelumnya perlu diketahui bahwa bahu memiliki 3 bagian yaitu depan, samping, dan belakang.

Apabila ketiga bagian ini dilatih dengan porsi yang seimbang, maka bahu kamu akan terlihat bulat sempurna dari sisi depan hingga ke bagian belakang. Sebagian orang menyebut otot bahu yang sempurna ini dengan istilah 3D Delts.

Mempunyai otot bahu 3D memiliki banyak manfaat, selain badan terlihat lebih lebar 3D delts berpengaruh penting dalam pencapaian V taper back. V Taper Back sudah tidak asing di telinga beberapa fitness mania, yaitu kondisi dimana badan menyerupai huruf “V” jika dilihat dari belakang. Kondisi v taper back dapat dicapai apabila definisi otot bagian punggung dan bahu memiliki proposisi yang cukup baik. Untuk membentuk v taper back ini akan dibahas di artikel selanjutnya dengan lengkap, dan untuk saat ini mari kita mulai dengan panduan cara membentuk otot bahu 3d terlebih dahulu.

Seperti yang telah om ronnie sampaikan bahwa otot bahu memiliki 3 bagian. Mulai saat ini cobalah untuk melatih ketiga bagian ini di hari bahu anda yang akan datang. Dibawah om ronnie akan sampaikan bagaimana cara melatih otot bahu bagian depan, samping, dan belakang yang dapat kamu terapkan esok hari.

  • Dumbbell shoulder press, latihan cara membentuk otot bahu bagian depan. Sambil memegang dumbbell di masing-masing tangan, duduklah di kursi yang memiliki sandaran. Pertama letakkan dumbbell tegak di atas paha anda, lalu angkat satu persatu dibantu dengan dorongan dari paha anda hingga dumbbell sejajar dengan telinga. Dorong dumbbell secara bersamaan ke atas hingga siku nyaris lurus, lalu kembali ke posisi awal secara perlahan. Ulangi exercise ini sebanyak 3-4 set dengan masing-masing 8-12 repetisi.
  • Side lateral raise, latihan cara membentuk otot bahu bagian samping. Ambil dumbbell untuk masing-masing tangan lalu berdiri lurus dengan dumbbel berada di kedua sisi paha anda. Pastikan telapak tangan menghadap ke arah anda. Jaga tubuh anda dalam posisi stasioner (tidak berayun) dan secara perlahan rentangkan tangan keatas dengan siku sedikit di tekuk. Terus naik hingga lengan lurus membentuk garis horizontal.  Ulangi cara ini sebanyak 3-4 set dengan masing-masing 8-12 repetisi.
  • Bent Over Dumbbell Rear Delt Raise, ini adalah latihan cara membentuk otot bahu bagian belakang (rear delt). Hampir sama dengan side lateral raise, namun denga posisi badan dibungkuk kedepan. Ambilah dumbbell yang tidak terlalu berat karna exercise ini tergolong susah dibanding latihan otot bahu lainnya. Membungkuk lah lalu ayunkan tangan keatas hingga mencapai posisi horizontal. Pastikan bahu bagian belakang anda yang bekerja mengangkat beban. Terkadang punggung ikut terasa sedikit bekerja ketika melakukan exercise ini, namun pastikan bahu belakang memiliki porsi lebih banyak.
  • Barbell upright row, latihan wajib cara membentuk otot bahu di seluruh sisi. Latihan ini cocok dilakukan sebagai penutup hari latihan bahu anda. Bahu bagian depan, samping, belakang, traps, bahkan biceps ikut terlatih ketika melakukan exercise yang satu ini. Maka tidak heran exercise yang satu ini adalah salah satu favorit om ronnie. Berdiri tegak dengan memegang barbell didepan badan dengan posisi tangan dibuka selebar bahu dan telapak tangan menghadap kebadan. Selanjutnya angkat hingga kepalan tangan hampir mengenai dagu. Pastikan posisi siku anda lebih tinggi dibandung kepalan tangan. Ulangi cara ini sebanyak 3-4 set dengan masing-masing 8-12 repetisi.

Itu dia 4 macam latihan umum cara membentuk otot bahu 3d, dan pastinya menjadikan bahu kamu terlihat kebih lebar. Lakukan latihan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang memuaskan. Latihan diatas dapat divariasikan dengan menggunakan barbell ataupun cable.

Kabar gembira! Kami berhasil menciptakan kalkulator fitness luar biasa yang khusus hari ini dapat anda coba secara gratis! Penasaran? Silahkan klik link berikut Kalkulator Kebutuhan Kalori Harian dan Kalkulator Kebutuhan Protein Harian

Om Ronnie memutuskan untuk menulis artikel ini dari pada pergi ke gym untuk bakar lemak diperut demi berbagi informasi kepada pembaca tercinta.  Untuk itu mohon bantu like, comment, dan share artikel ini ke teman-teman kamu agar om Ronnie termotivasi untuk terus berbagi. Oh ya jika ada pertanyaan seputar dunia fitness silahkan tulis pada kolom komentar dibawah. Salam, lightweight baby!

Bahu Kurang Lebar? Lakukan Cara Membentuk Otot Bahu 3 Dimensi Berikut | Ronnie Coleman | 4.5